Marketing Communication
Differentiate or Die

diff_thumbs

Meminjam istilah Jack Trout, seorang pakar Positioning dunia dalam bukunya “Differentiate or Die. Survival in Our Era of Killer Competition”, rasanya relevan untuk jadi bahan tulisan dan renungan kita hari ini. Baik bagi para marketers maupun expertise di bidang marketing communication.

Ya. Di era yang semakin kompetitif dan tidak jarang mematikan, diperlukan strategi untuk bisa bertahan hidup sambil perlahan tapi pasti ‘mencuri’ posisi kemenangan. Banyak strategi dan pendekatan yang telah dilakukan oleh pebisnis dan pengusaha untuk mampu bersaing di rimba persaingan. Ada yang bermain di aspek harga yang kompetitif, kualitas produk, layanan yang sempurna, hingga yang tidak memiliki strategi apa pun—pokoknya ada peluang, sikat! Tapi sayangnya banyak yang lupa bahwa sesungguhnya ada bagian mendasar yang sering terlupakan oleh kita. Yaitu lupa untuk menjadi sesuatu yang berbeda (differentiate). Yang perbedaan itu membuat kita menjadi unik dan ‘terlihat’.

Mari kita ambil sebuah case. ‘Aqua’. Sebuah perusahaan pionir AMDK (air minum dalam kemasan) yang muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 1973. Barangkali tidak pernah terpikir akan memicu munculnya produk sejenis begitu banyak di tanah air kita. Dua decade berselang, kini Aqua harus merelakan sebagian market share-nya pada merek-merek lain, seperti: Ades, Vit, Prima, Club, Sanqua, Giant, Levia, dll. Parahnya lagi merek ‘Aqua’ kini menjadi merek generic bagi merek-merek lainnya, seperti halnya ‘Honda’ untuk kategori sepeda motor. Tentu bagi si pemilik brand, fakta ini menjadi problem tersendiri yang harus diatasi. Yaitu menjadi produk yang tetap DIPILIH oleh konsumen amdk dan tidak salah dipilih. Disinilah relevansinya formulasi ‘berbeda’ itu harus rancang oleh sebuah brand.

Dalam tinjuaan ilmu psikologi, suatu perbedaan yang mencolok pada sebuah produk akan merangsang daya ingat, karena perbedaan tersebut akan diapresiasi secara intelektual oleh konsumen. Dengan kata lain, jika Anda mengiklankan sebuah produk, Anda harus memberikan alasan bagi konsumen mengapa produk Anda layak dipilih oleh mereka!

Jack Trout menegaskan. “Jika Anda mengabaikan keunikan Anda dan mencoba untuk memenuhi kebutuhan semua orang, Anda melemahkan apa yang membuat Anda ‘berbeda’. Dan jika Anda tinggal di bawah baying-bayang pesaing Anda yang lebih besar dan tidak pernah mengembangkan ‘perbedaan’ yang Anda miliki, Anda akan selalu lemah.”

Selamat menemukan perbedaan!

7 Responses to Differentiate or Die

  1. Pingback: http://dokterbahar.com/?p=146

  2. Pingback: xenical

  3. Rolanda says:

    Nice web-site and some excellent posting you might have I’m actually amazed how great content material you’ve got on your internet site and I just wanted to congratulate you.

  4. Pingback: http://www.expeditionportal.com/forum/threads/82260-What-is-kfzdiagnosegeraet-de?p=1162700

  5. Pingback: eyeglass frames for kids

  6. Pingback: hochzeit event

  7. Pingback: {click here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>